Wednesday, March 7, 2012

Musibah yang Berhikmah :) part I

Sore tadi saya pergi ke kampus dengan badan lemas, entah kenapa sejak bangun tidur rasanya nyawa saya tidak full.. (biasanya kan orang-orang suka bilang 'ngumpulin nyawa dulu' kalo bangun tidur, nah ini nyawa saya ga ngumpul semua rasanya)
Hati pun tidak tenang karena berangkat buru-buru tak sempat pamit sama orangtua..
Nah, dari pengalaman ini usahakan pamit dulu deh kalo mau keluar rumah..
Ternyata kegundahan hati terjawab ketika, braaakkk!!! ada motor yang menabrak Tobey (motor saya) dari belakang..

Keadaan fisik lemas, kaget, dan ketidakseimbangan membuat saya limbung
Gubraakkk!! Tobey tersungkur ketika saya lompat melepaskannya (maaf ya Tobey, kalo ga dilepas saya bisa nyuksruk..)
Pendek cerita, saya tidak apa-apa tapi motor saya jatuh dan tergores di beberapa bagian
Kuliah berjalan lancar, dan rasa sakit pun lancar menuju reseptor nyeri nya alias mulai terasa nyut-nyutan
Sesampainya di rumah saya mau membuat parutan kunyit (Curcuma domestica) tetapi mama bilang untuk bengkak lebih baik pakai beras kencur yang dihaluskan.
Memang ternyata kunyit itu digunakan untuk menghentikan perdarahan dalam (memar) dan karena dalam kasus saya ini tidak ada memar maka saya memakai beras (Oryza sativa) dan kencur (Kaempferiae galanga) yang dihaluskan.
Saya memakai kira-kira segenggam beras dan satu ruas jari kencur, dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian yang terasa nyeri dan bengkak. Beberapa menit terasa dingin, tetapi setelah sekitar 20 menit mulai terasa hangat, dan sepertinya saya memakai kencur terlalu banyak jadinya rasanya panas (saya menuliskan ini sambil merasakan kepanasan, huff..huff..).
Meskipun begitu rasa panas ini sungguh meringankan rasa nyut nyutan yang timbul tadi, kaki terasa lebih ringan tetapi tetap saja terlalu panas menurut saya.. hehe..
Kenapa ya rasanya bisa jadi hangat seperti ini? Apa sih yang membuat beras kencur ini bisa membuat bengkak dan nyeri mereda?
Kencur, teman-teman tentu sering mendengar namanya kan? Ternyata kencur ini mengandung minyak atsiri yang di dalamnya terdapat 23 senyawa, antaralain aromaterapic, monoterpana, dan seskuiterpana. Menurut penelitian, seskuiterpana ini memiliki khasiat analgetik (menghilangkan sampai mengurangi nyeri). Jadi ternyata yang mengurangi nyeri adalah seskuiterpana ini yang ada di dalam kencur.

Maaf yaa.. Jam malam saya habis, informasi yang saya dapat juga belom banyak mengenai mekanisme beras kencur ini, insyaallah saya cari info lagi supaya ilmunya bisa dibagikan di sini. Saya mau tidur dulu, dan panasnya makin terasa menusuk kaya pake koyo cabe..

Wassalam..

2 comments: