Sunday, March 4, 2012

Lihat Lebih Dekat untuk Mengerti

Mengapa bintang bersinar
Mengapa air mengalir
Mengapa dunia berputar
Lihat segalanya lebih dekat
Dan ‘kuakan mengerti

Sepenggal lagu yang dinyanyikan oleh Sherina Munaf ini, jika kita cermati lebih dekat (seperti judulnya ya, hehe..) sangat membantu dalam menjalani hidup, lebih kuat dan lebih tegar..

 Seringkali kita melihat masalah itu sebagai sesuatu yang menghambat hidup. Andai saja kita bisa mengerti, akan ada banyak hal-hal positif yang bisa kita ambil dari masalah yang terjadi itu, dan akhirnya namanya berubah dari masalah menjadi anugerah.
Saya sendiri mengakui, susah memang mengubah sudut pandang kita. Melihat yang tadinya masalah menjadi anugerah, karena dalam unsur terkecil pembentuk kehidupan pun komponen yang dinamis itu adalah elektron (bagian yang negatif dari suatu unsur atau atom). Karena elektron lebih mudah bergerak sehingga mereka lebih mudah mempengaruhi pikiran kita. Proton atau sesuatu yang positif cenderung pasif.
Kita, manusia yang dianugerahi akal oleh Yang Maha Kuasa seharusnya lebih berwenang dalam menentukan sudut pandang manakah kita melihat masalah. Jangan mau kita diperbudak oleh hal-hal negatif yag aktif itu.
Menurut ahli biologi, pengatur kehidupan pada tubuh manusia itu bukanlah otak, bukan pikiran, juga bukan perasaan, tetapi DNA. Siapa sih DNA sampai-sampai kita patuh di bawah pengaruhnya?
DNA berkuasa karena di sanalah terletak seluruh informasi mengenai kehidupan setiap makhluk hidup. Itu kunci nya, DNA berkuasa karena memiliki informasi lengkap. Ada salah satu lembaga bimbingan belajar yang bermotto "knowledge is power" -pengetahuan adalah kekuatan- itu point nya. You guys get the point??
Yup, intinya adalah pengetahuan, informasi. Sebelum kita mengerti kita harus punya data, data-data ini didapatkan dengan melihat lebih dekat suatu permasalahan, melihat dari sisi lain, sudut pandang lain.
Lalu apakah yang didapat?
Dengan melihat lebih dekat, kita akan lebih mengetahui, mendapat pengetahuan dan informasi-informasi. Dengan data-data ini, ditambah cara pandang yang 'agak diubah' kita bisa menjadi lebih bijaksana dalam menyikapi suatu masalah.
Kenapa kita bisa menjadi lebih bijaksana?
Karena kita mengerti
Tapi bagaimana mengerti itu? Mengerti itu susah..
Ya, mengerti memang susah, tapi apakah Anda mau, hidup dalam kubangan masalah yang tidak mengenakan??
Pilih mana? Berusaha mengerti walau sulit atau meneyrah pada pandangan Anda bahwa hal tersebut adalah masalah?
Semua kembali pada Anda, ingatlah "live is talking about error and trial" kita diijinkan salah dalam hidup ini, dengan syarat ada usaha untuk memperbaiki setelah menyadari kesalahan tersebut.
Ah, indahnya hidup.. Tuhan Maha Pemurah :))

Semoga bisa bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment