Monday, July 16, 2012

Pesan Verbal

Setelah pendahuluan mengenai ilmu komunikasi, mari kita lanjut ke pesan verbal
Apa sih pesan verbal itu?
Verbal itu vokal, pesan verbal maksudnya komunikasi melalui kata-kata yang diucapkan. Berbicara, ngomong ataupun ngemeng (hehe..)

Ada beberapa aspek utama yang mempengaruhi komunikasi verbal ini, apa aja itu??

Ini dia,
Vocabulary, perbendaharaan kata
Komunikasi tidak akan efektif jika pesan disampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti. Karena itulah perbendaharaan kata itu sangat penting dalam komunikasi.
Racing, kecepatan
Komunikasi akan lebih efektif dan sukses bila kecepatan bicara dapat diatur dengan baik, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.
Intonasi Suara, nada suara
Akan mempengaruhi arti pesan secara dramatik sehingga pesan akan menjadi lain artinya bila diucapkan dengan intonasisuara yang berbeda. Intonasi suara yang tidak proporsional merupakan hambatan dalam berkomunikasi.
Humor
Tertawa mempunyai hubungan fisik dan psikis dan harus diingat bahwa humor adalah merupakan satu-satunya selingan dalam berkomunikasi.
Singkat dan Jelas
Komunikasi akan efektif bila disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada pokok permasalahannya sehingga lebih mudah dimengerti.
Timing 
Waktu adalah hal kritis yang perlu diperhatikan karena berkomunikasi akan berarti bila seseorang bersedia untuk menyediakan waktu untuk mendengar atau memperhatikan apa yang disampaikan.

Beberapa elemen yang perlu diperhatikan dalam komunikasi verbal adalah
- Artikulasi
- Audibility
- Diction
- Fluency (kelancaran)

- Intonasi
- Pitch (tinggi nada)
- Pace (langkah suara)
- Colour (warna suara)
- Volume
- Rate (kecepatan) 
- Stressing (penekanan suara)
- Tone
- Humor
 
Demikianlah hal-hal yang berpengaruh dalam berjalannya komunikasi verbal. Ada satu macam komunikasi lain yaitu komunikasi non verbal, yang akan kita bahas selanjutnya :)

Semoga membawa manfaat ..

No comments:

Post a Comment