Wednesday, February 22, 2012

Mulai Dari Bawah

Kimia..
Ga salah sih kalo banyak orang takut sama subject yang satu ini, emang susah sih, umm.. bukan, bukan susah tapi bikin mikir..
Nah, ini dia masalah utamanya.. kebanyakan anak-anak yang masih menuntut ilmu itu males mikir, mikir aja males yang ga usah pake otot motorik apalagi berbuat sesuatu yang kudu pake otot..
Baiklah, sekarang saya mau nyoba cerita tentang kimia yang ringan aja deh, tetep harus mikir tapi insyaAllah ringan :)


Bismillah..

Kimia dan kehidupan ga bisa dipisahin, jadi sebenernya semua hal yang hidup itu adalah kimia, tapi seringkali kita ga sadar, karena udah terpaku sama 'rumus-rumus' kimia (yang bikin pusing).
Awalnya saya menganggap kalo kimia itu cuma berbicara tentang hal-hal anorganik (benda-benda ga hidup), tapi teryata ada juga loh kimia organik.
 Jadi di kimia organik itu kita belajar tentang senyawa-senyawa organik, senyawa-senyawa yang mengandung atom C atau karbon, makannya disebut juga kimia karbon.
 Lain waktu deh ya kita bahas tentang kimia karbon ini, sekarang kita mulai dari bawah dulu. Apa sih yang kepikir kalo denger kimia?
Umm.. let me think..
Kimia..
Reaksi! Iya kan? iya lah ya, kimia identik sama reaksi (dan ini salah satu yang bikin pusing mikir), okay apa sih reaksi itu?
Reaksi itu pemutusan ikatan lama dan pembentukan ikatan baru.
Nah, sekarang ikatan apakah yang dimaksud?
Sebelum ke ikatan kita ngomongin si atom dulu deh yaa..
Elektron, Proton, dan Netron 3 komponen penyusun atom. Pada gambar ada nucleus, nucleus adalah inti atom yang terdiri dari proton dan netron (jumlahnya sama).
Dari ketiga komponen ini yang paling berpengaruh pada sifat kimia suatu unsur adalah elektron.
Elektron juga akan mempengaruhi ikatan apa saja yang bisa dibentuk dari unsur tersebut. Apakah ikatan ionic atau ikatan kovalen.
Ikatan ionic terjadi apabila ada serah terima elektron pada pembentukan ikatannya.
Ikatan kovalen terjadi bila ada pemakaian elektron bersama pada pembentukan ikatannya.
Ada satu lagi ikatan kovalen koordinat, yaitu ikatan yang terbentuk dengan penyerahan sepasang elektron untuk dipakai bersama, tanpa ada sumbangan elektron dari pihak yang lain.

Saya kira cukup sekian dulu perkenalan tentang kimia ini. Kimia ga susah kok, cuma perlu agak berpikir aja.
Semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment